METODE BAK PENCUCIAN PASIR SILIKA

Posted by http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com Rabu, 03 Maret 2021 49 komentar

Saat ini Pasir Silika menjadi suatu komoditi mineral pertambangan khususnya kategori Galian C dengan beragam fungsi dan kegunaan. 

Demand terhadap produk ini cukup meningkat seiring dengan penemuan dan pertumbuhan teknologi.
Sebagai akibatnya, banyak bermunculan para pengelola Pasir Silika yang menawarkan berbagai produk pasir. Mulai dari tambang besar hingga tambang rakyat.
Pasir dari tambang besar biasanya digunakan dalam industri bata ringan, semen, concrete, kaca, keramik, dll.
Namun sebagai pembeli, kita harus kritis dan jeli dalam memilih Pasir Silika. Bahkan sering saya mendapati pertanyaan "Kebutuhan pabrik kami sangat besar dan kami sangat selektif dalam memilih pasir silika, lantas bagaimana cara mendapatkan Pasir Silika yang sesuai dengan industri kami ?". 

Dalam tulisan ini, sedikit sharing dari saya selaku pelaku bisnis pengolahan Pasir Silika secara Partai maupun Retail tentang Cara Mendapatkan / Memilih Pasir Silika yang baik (ini semata hanya berdasarkan pengalaman pribadi) :

Pasir Silika yang baik adalah memiliki kandungan silika (SiO2) tinggi dengan kisaran minimal 99% dan terbebas dari lumpur, kaolin, organik, dan kotoran lainnya walaupun tidak 100%. Untuk itu kita perlu mencari informasi kepada penjual tentang bagaimana cara pengolahan dan pencuciannya. Terdapat beberapa proses tahapan yaitu :

1. Proses Pembersihan Lahan (Land Clearing)

Kita mulai dari lahan pasir yang belum diolah sama sekali. 
 


Terdapat beberapa lapisan atas (Top Soil) yang harus di Land Clearing terlebih dahulu dan bisa menggunakan alat berat seperti Excavator Sedang (contoh : Komatsu PC.200) atau bisa dengan menggunakan Buldozer Kecil.  
Kedalaman Land Clearing tergantung dari produk tambangnya, misal : nikel biasanya minimal 5 meter, batubara lebih dalam lagi, tapi untuk Pasir Silika hanya sekitar 1 s/d 1,5 meter. Tergantung dari tebalnya Top Soil dan akar pohon. Output Land Clearing dikumpulkan dalam area tertentu dan dimusnahkan dengan dibakar (catatan : pembakaran sebaiknya tidak dilakukan diatas lahan tambang karena akan bercampur dengan pasir dan sulit untuk memisahkannya).

2. Proses Pencucian Pasir Silika 

Menyiapkan lubang pencucian dengan menggunakan Excavator (ukuran luas relatif, biasanya 10 meter/square dengan kedalaman lebih kurang 3 meter, Jangan terlalu dalam karena anda bisa tenggelam jika tercebur....hahaha....sedikit guyon yaa..). Sediakan juga selokan air untuk sirkulasi air bersih. Sirkulasi ini bisa menggunakan Water Pump atau dengan gravitasi. Air bersih harus terus mengalir ke kolam tsb untuk membuang air yang telah kotor.
Pilih lokasi pencucian yang dekat dengan sumber air & Stock Pail (bisa mengirit BBM alat berat). Setelah siap, pasir disekitar kolam tsb bisa diambil dan dicuci (angkat...ceburkan...dstnya...lebih kurang 3 x ) ke kolam tsb.
Proses pencucian ini sangat signifikan dengan tujuan untuk meminimalisir lumpur putih, Kaolin, debu dan organik lainnya seperti akar-akaran. 
Dalam industri kaca, lumpur dan Kaolin sangat berbahaya bagi output produksi. Jika kedua kandungan itu tinggi, maka output produksi seperti gelas atau kaca akan berwarna kehijauan dan tidak bening (Tak sebening wajahmu....hahahahahaha).  
Jika bermodal lebih bisa menggunakan mesin sedot spiral, dimana didalam ulir terdapat magnet untuk memisahkan Ferro dalam pasir.
Namun bagaimanapun proses pencucian dilakukan, untuk warna pasir tetap tidak akan berubah, misal warna dasar pasir coklat, walaupun dicuci 100 x tetap hasilnya berwarna cokelat. 
Dalam industri tertentu, warna tidak menjadi hal yg signifikan, namun yang terpenting adalah kadar garam, kaolin dan besi (Ferro) dapat dikurangi sesuai dengan spek yg dibutuhkan. 


   




3. Proses Pengeringan 

Setelah pencucian selesai, pasir diangkat dan dijemur di area Stock Pail. Bertujuan untuk mengurangi kadar air. Memang tidak 100% air akan hilang, tapi kita dapat mengurangi kadarnya sampai dengan tersisa 5 s/d 7% saja. Tidak perlu terlalu lama, sekitar 2 s/d 3 hari saja.







Selagi proses penjemuran berlangsung, sampel pasir perlu diambil dan dianalisa untuk melihat tingkat kandungan yang tidak diinginkan. Jika sudah masuk kriteria maka pasir siap di loading menggunakan Dump Truck  ke Tongkang (Barge). Ukuran barge tergantung dari geografis kedalaman laut atau sungai disekitar lokasi tambang.
Nah sampai disini sudah ada sedikit gambaran yaa untuk mendapatkan pasir silika yang benar.
Terkadang dengan tujuan efisiensi biaya, proses penambangan hanya dengan mengambil pasir memakai alat berat secara langsung tanpa adanya proses pencucian. Istilahnya langsung disekop dengan alat berat dan dimuat ke Barge. Tentunya hasil yang didapat tidak maksimal.

Demikianlah sedikit sharing tentang salah satu Metode Pencucian Pasir Silika menggunakan Bak khususnya untuk Curah (All Size).

Mohon maaf jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan.
Bahan penulisan hanya berdasarkan praktek langsung dilapangan bukan berdasarkan teori-teori ilmiah.

Salam Hangat 




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE 


http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: METODE BAK PENCUCIAN PASIR SILIKA
Ditulis oleh http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com/2013/10/metode-bak-pencucian-pasir-silika.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

49 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh saya tahu dari mana anda menyimpulkan bahwa dalam mengurangi kadar air pada pasir berkurang hingga 5 - 7 % butuh waktu dalam 2-3 hari
apakah ada referensi nya ?

mps mengatakan...

selain pencucian dg diceburkan didalam bak galian apakah bisa dilakukan pencucian pasir silika dengan cara dimasukkan kedalam hoper dg conveyor belt dan disiram dengan air/spray pada saat pasir berjalan di conveyor belt?

http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com mengatakan...

Dear Pak Teuku Fajar,

Pertanyaan yang bagus. Sebenarnya cara pengurangan kadar air yg saya lakukan hanya berdasarkan pengalaman semata di lapangan terhadap pasir yang masih dlm bentuk raw. Kembali lagi kpd formasi pasir, apakah kasar atau halus.
Jika kasar maka pengurangan kadar air akan semakin banyak dan cepat.

Terima Kasih

http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com mengatakan...

selain pencucian dg diceburkan didalam bak galian apakah bisa dilakukan pencucian pasir silika dengan cara dimasukkan kedalam hoper dg conveyor belt dan disiram dengan air/spray pada saat pasir berjalan di conveyor belt?
Pertanyaan yang kritis.
Sebenarnya tergantung dari jenis aplikasi pasir tsb. Sebagai contoh :
1. jika untuk industri kaca maka pasir harus melalui pencucian menggunakan bak dan dng air berjalan untuk mengurangi kadar kaolin, Fe, lumpur dll. Jika pencucian kurang maka hasil akhir pada kaca akan berwarna kehijauan dan kurang jernih.
2. Jika untuk bata ringan, pencucian cukup dilakukan dengan penyemprotan yg hanya untuk menghilangkan lumpur dan kotoran2 non chemical.

Semoga ini sedikit menjawab pertanyaan dari Bapak/Ibu.

Terima Kasih

Unknown mengatakan...

Berhubung di daerah saya bayk pasir silika adakah cara khusus untuk pengolahan pasir setgah jadi dan bisa mnghasilkan nilai ekonomis Ýαηg lbh tinggi

Oooppss... mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com mengatakan...

Pak Zainoddin, boleh saya mengetahui daerah mana anda tinggal ? Krn beda daerah beda pula karakteristik pasir dan keperuntukkan industrinya.

http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com mengatakan...

Dear pak Igo, untuk hal yg bapak tanyakan ada baiknya bpk bisa menggubungi saya.

Unknown mengatakan...

Yth pak marlon..
Dimana kira2 sy bs mendptkan alat hydrocyclone classifier plus conveyornya?? Trims ya pak

Unknown mengatakan...

Utk memisahkan pasir dr lumpur kt tmn sy pakai alat tsb ya pak ( hydrocyclone set )??

Dunia Silika mengatakan...

Dear Pak Marion ,,

Untuk menurunkan kadar Fe .. apakah bapa bisa kasih masukan kepada kami ?
terima kasih sebelum nya ..

Afdhal mengatakan...

salam pak, apa fungsi pencucian pasir silika ? apa dengan pencucian tersebut kadar SiO2 nya bisa meningkat ?
klo meningkat meningkatnya bisa berapa persen ?

Unknown mengatakan...

bagi para investor yang INGIN MENGINVESTASIKAN, kami perusahan pasir konstruksi ingin menjalin hubungan kerjasama tambang pasir konstruksi, untuk meningkatkan produksi hingga 1000000 juta/m3 bulan, kami hanya mampu memenuhi sepertujuhnya yaitu 50000 /m3 bulan,, ingin menambahkan mesin produksi membeli mesin komplayer alat berat, tenaga tehnisi, mobil transportasi, masalah pemasaran kami sudah memiliki pasar dan menjalin kerja sama untuk pemanfaatan tambang, luas tambang 25 hektar lebih, kedalaman tambang 35 meter, debit tambang tidak terbatas, nilai triluyunan, Kualitas KW 1, ijin operasional sudah ;lengkap, kapal bisa masuk dari 200 fit sampai 400 fit, jarak tambang teluk semangka dengan pelabuhan tanjung priok 100 mil

Unknown mengatakan...

bagi yang butuh pasir kuarsa dan pasir dalam jumalah banyak bisa kontak saya di 085729320008, kandungan pasir silika kami 94-98 up, kami bisa mensuplay 10000 ton sampai 15000 ton perbulan

Mike mengatakan...

Untuk mengetahui hasil pencucian memiliki kadar silika berapa persen, cara tercepat nya bagaimana ya? Mohon pencerahan

Unknown mengatakan...

Bagi para investor,suplayer yg bermain pasir silica kami siap bekerja sama..kami siap mengadakn pasir silica dgn kadar rata2 95% sampai dgn silica great..untuk yg bermain di industri kaca, smelter atau pun kontruksi beton dgn qualitas baik..bisa hubungi kami di 081298186577..

Unknown mengatakan...

Kami siap memberikan hasil test Laboraturium berserta sample pasir silica dgn kadar rata2 95% sampai 99,7% segera hubungi kami di 081298186577..terima kasih salam sukses

Unknown mengatakan...

Mudah pak dan tidak terlalu mahal untuk melepaskan chemical2 pada pasir silica..bisa hubungi sy di 081298186577..terima kasih

Unknown mengatakan...

pak marlon saya mau tanya boleh ya... bagaimana caranya memisahkan pasir dengan tanah liat, dimana tanah liatnya akan saya buang.. terima kasih banyak pak marlon...

Unknown mengatakan...

Salam kenal Pak, saya punya buyer dari luar negeri. apakah bisa kita ekspor pasir silika atau harus dibersihkan dahulu. karena permintaannya akan menyesuaikan hasil produksi dari kita. trims

http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com mengatakan...

Pak Kiang Heng, Sepengetahuan saya pasir kuarsa tidak bisa diexport dalam bentuk raw. Tapi bila diolah terlebih dahulu, menjadi produk tertentu dan diberikan Merk, baru bisa diexport pak.
Atau lebih pastinya bisa ditanyakan langsung ke Deperindag.
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

assalaam mu'ialikaa.suadra sebangsa setanah air.kondisi di optimalkan oleh lahan.untk sheet pile perlu di quary.pengeringan silika perlu pakai air compressor pds 750 cfm.cost lumayan tinggi,untk pangsa luar,screen pun hrs di utamakan.mohon maf lahir dan bahtin.klau ada salah2 kata.salaam dari mat petir

Unknown mengatakan...

assalaam mu'ialikaa.suadra sebangsa setanah air.kondisi di optimalkan oleh lahan.untk sheet pile perlu di quary.pengeringan silika perlu pakai air compressor pds 750 cfm.cost lumayan tinggi,untk pangsa luar,screen pun hrs di utamakan.mohon maf lahir dan bahtin.klau ada salah2 kata.salaam dari mat petir

http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com mengatakan...

Opini yang bagus Pak Ahmad, Saya setuju dengan opininya.
Hanya saja untuk menghadapi situasi market saat ini, dibutuhkan penghematan biaya yang tinggi agar bisa menghasilkan harga jual yang kompetitif.
Banyak metode teknologi yang bisa dilakukan tetapi perlu diperhatikan segi biayanya.

Thanks for your opinion.

Unknown mengatakan...

Harga berapa pak?

Unknown mengatakan...

Harga berapa pak...?
Bisa mencukupi kuota 250ton/bulan?
Sigit241212@gmail.com

Unknown mengatakan...

Pak Marlon, bisa bantu carikan buyer silica sand sio2 98%. Perizinan lengkap, analisa sucofindo ada, stock lebih dari 10jtMT. Contact kami WA only 08124228836

jalan-jalan ala gala mengatakan...

pak apa jual pasir pantai untuk tempat main anak? kalau kebetulan punya bisa kontak ke 085743811681

Unknown mengatakan...

Selamat pagi pak..saya ada pak..perizin lengkap silica 99^ up

KETUA GARDA UMMAT SURABAYA mengatakan...

selamat siang . Saya ada pasir silika 99 % up, berbagai jenis kebutuhan anda baik industri, rumahan, laboratorium,dll lulus uji analisis sucofindo, great terbaik. silahkan hubungi 081556840703 /wa . 085782320375

Unknown mengatakan...

Daerah bengkulu, yg punya pasir kuarsa saya minat beli, hb085352548697

Unknown mengatakan...

Daerah bengkulu, yg punya pasir kuarsa saya minat beli, hb085352548697

YANA - PDAM - SUMEDANG mengatakan...

Kalau mencuci pasir silika apakah ada cairan khusus yang dicampurkan ke air pencucian?

Unknown mengatakan...

Sy punya tambang pasir kuarsa dikepri dgn kadar sio 99.23 sampai hari ini belum dapat market... Mohon kerjasama jikalau rekan ada yg punya market...tks

Unknown mengatakan...

Nomor hp kami 081270288585 pak boas...pt BIS PRODUKSI PASIR KUARSA

Unknown mengatakan...

Nomor hp kami 081270288585 pak boas...pt BIS PRODUKSI PASIR KUARSA

Unknown mengatakan...

Nomor hp kami 081270288585 pak boas...pt BIS PRODUKSI PASIR KUARSA

Unknown mengatakan...

Sy punya tambang pasir kuarsa dikepri dgn kadar sio 99.23 sampai hari ini belum dapat market... Mohon kerjasama jikalau rekan ada yg punya market...tks

Unknown mengatakan...

Sy punya tambang pasir kuarsa dikepri dgn kadar sio 99.23 sampai hari ini belum dapat market... Mohon kerjasama jikalau rekan ada yg punya market...tks

Unknown mengatakan...

Ass. Saya ada tambang pasir silika yang kadarnya 99,4% bila ada jalur buyer bisa hub saya di 081288972297, trims

Fikri mengatakan...

Saya menyediakan karung jumbo bag, sling bag kapasitas 500kg-2000kg kekuatan dijamin tersedia kondisi bekas ataupun baru, dan karung 50kg bekas ataupun baru ready bersta dar SNI, sudah berpengalaman sejak tahun 1995, cocok buat isi hasil bumi atau pertambangan sperti, pasir, silika, kapur, sawit, rempah2, biji2an, jenis plastik, dan grade food untuk makanan, sudah berpengalaman kirim ke seluruh Indonesia dan terpercaya, perlu diketahui menggunakan packing jumbo bag menghemat biaya finishing dan pengemasan produksi
Kontak hubungi :
Wa: 081296230410
Tlp: 081278692200

GPJWorks mengatakan...

Market bagus utk pasar garnet...pak.
Nilai ekonomisnya tinggi, tetapi output tidak bisa secara besar2an, mengikuti pesanan pasar
Apalagi kalo diolah dulu melalui heat process utk merubah wanrna hingga menyamai garnet import. Pangsa pasarnya bagus.

AGZPLK20 mengatakan...

selamat malam,kami memiliki IUP OP pasir KUARSA di palangka raya dan sdh memliki ET utk export...skrg silica bs di export dg kadar SIO2 mi 99.50%...bagi rekan2 yg ad buyer valid bs japri sy..082240607090..perizinan : IUP OP(c&c),ET,PELSUS,ka[pasitas produksi mi 50.000 mt/bln...tksh

Fikri mengatakan...

Kami menjual jumbo bag untuk kemasan bahan material, seperti cairan, biji-bijian, pasir, atau bahan padat yang dikemas menggunakan jumbo bag meminimalisir untuk pengepakan transportasi kontainer dan memudahkan untuk menata bahan baku agar tidak memakan tempat, dengan kualitas yang baik kami sudah di percaya dengan beberapa pabrik di Indonesia sprti PT.humme, Pabrik peleburan besi, pabrik sawit Kalimantan Pontianak, dan biji plastik, dan PT Bogasari,
Tersedia dalam kondisi bekas maupun baru
Bisa kirim sampai ke luar pulau

Selain jumbo bag, kami menjual barang untuk membantu packaging industry seperti pallet plastik dan kayu, drum, kempu, ember dan plastik

Salam sejahtera
CV Arya putra mandiri
Owner : Fikri Efridho
Wa/tlp 082127205845

Papay mengatakan...

Ada yang sudah punya ijin export utk pasir silika nya!!?? kadar silika 99,50% up.

Tommy mengatakan...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
Terjangkau
Cost saving
Solusi
Penawaran spesial
Hemat biaya Energi dan listrik
Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com

Anonim mengatakan...

Kurang efisien butuh biaya produksi lg

Pr45L3 mengatakan...

mohon informasi untuk 1 m3 pasir silika dibutuhkan berapa kubik air

Streaming Film HD Online Christmas 2020 mengatakan...

Hubungi saya nanti kita kerjasamakan 082113137080

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PASIR SILIKA.